8 Cara mengatasi hp android yang lemot

Permasalahan umum yang sering muncul saat menggunakan perangkat ponsel adalah kinerjanya bisa saja tiba-tiba berubah menjadi cukup lambat.Perangkat elektronik merupakan perangkat yang cukup rentan mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa saja disebabkan oleh faktor usia (masa pakai komponen), maupun juga faktor dari luar, seperti guncangan keras, tetesan air.


terlebih lagi pada perangkat yang menggunakan sistem operasi di dalamnya. Perangkat dengan sistem, seperti ponsel, rawan mengalami penurunan kinerja, yang dapat menyebabkan perangkat tersebut beroperasi dengan sangat lambat, atau bahasa yang sering kita dengar “lemot / lelet”.


Untuk cara mengatasinya, tentu setiap permasalahan membutuhkan solusi yang berbeda juga. Jika permasalahan yang muncul akibat kerusakan di bagian hardware, tidak ada cara selain mengganti komponennya atau sekalian mengganti ponsel anda.


Namun jika lemotnya ponsel bukan disebabkan oleh kerusakan hardware ya, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:


8.Cara mengatasi hp android yang lemot / lelet





1.Bersihkan Memori Internal


Salah satu penyebab menurunnya kinerja ponsel yang sering dialami oleh pengguna biasanya diakibatkan karena kapasitas memori yang sudah mulai menipis. Baik ponsel dengan kapasitas memori besar maupun kecil, kinerjannya akan melambat saat data-data dalam ponsel mulai membuat kapasitas penyimpanan mulai penuh.Pengguna dapat mengatasi permasalahan ini dengan sering-sering membersihkan data-data yang sudah jarang digunakan atau data-data yang dirasa kurang penting.


Pengguna juga dapat memindahkan data-data penting tersebut ke media penyimpanan lain, seperti cloud / google drive, flasdisk, atau ke perangkat komputer yang memiliki kapasitas penyimpanan yang relatif lebih besar.Penuhnya memori internal yang digunakan dalam sebuah sistem, bisa juga diakibatkan karena penumpukan data sampah atau cache di dalamnya. Data sampah memang sangat berguna, namun juga akan menumpuk seiring dengan lama penggunaan ponsel, dan dapat mengakibatkan memori internal kepenuhan.


Ada baiknya pengguna ponsel rajin-rajin untuk membersihkan data cache yang tersimpan, terutama bagi pengguna dengan memori internal yang sangat kecil di ponselnya. Hal ini dapat digunakan untuk mangatasi penyebab menurunnya kinerja ponsel yang diakibatkan menurunnya kapasitas penyimpanan.


2.Kelola Aplikasi dengan Bijak


Banyaknya aplikasi yang terinstal di ponsel juga dapat mempengaruhi kinerja dari ponsel yang kita gunakan. Semakin banyak aplikasi, maka semakin banyak data yang dapat menyebabkan penyimpanan ponsel semakin penuh.

Selain itu, dengan banyak aplikasi yang terinstal, maka kapasitas RAM yang tersedia dapat berkurang. Hal tersebut dapat terjadi diakibatkan karena beberapa aplikasi yang terinstal di perangkat dengan sistem operasi dapat berjalan di belakang layar tanpa kita sadari.


3.Hapus Virus dari Ponsel


Persoalan virus mungkin bukan persoalan yang asing lagi ditelinga kita. Virus merupakan musuh utama bagi para pengguna perangkat dengan sistem di dalamnya. Meskipun tak mengganggu secara langsung, virus bisa saja menjadi penyebab menurunnya kinerja dari ponsel yang digunakan.

Untuk mengatasinya, pengguna dapat mengisntal aplikasi Anti virus yang dirasa cocok, namun perlu diingat tidak usah banyak-banyak karena juga dapat mempengaruhi kinerja dari perangkat.

 

4.Reset Pabrik/Instal Ulang

Salah satu yang menjadi andalan pengguna saat ponsel mengalami kinerja yang menurun adalah dengan mereset pabrik ponsel atau bahkan beberapa memilih untuk mengisntal ulang atau memformat ulangnya. Langkah ini dapat menyelesaikan beberapa permasalahan yang diakibatkan oleh memori internal penuh, virus, pengaturan yang tidak tepat, dan lain sebagainya.

Jika permasalahan melambatnya ponsel tidak dapat diatasi menggunakan beberapa cara di atas, ada baiknya pengguna mencoba untuk melakukan reset pabrik. Dan jika reset pabrik belum bisa mengatasinya, pengguna dapat mencopa untuk menginstal ulang software yang digunakannya.


5.Kurangi widget


Widget yang sobat pasang di layar home mungkin sangat berguna bagi sobat.

Tapi perlu sobat ketahui bahwa widget tersebut juga bisa memperlambat kinerja android sobat. Karena saat data aktif, semua widget yang sobat pasang akan berjalan bersamaan.


Misalnya sobat memasang widget cuaca dan widget Facebook di layar home. Saat data aktif maka widget cuaca akan memperbarui ke kondisi cuaca terkini. Sedangkan widget facebook akan memperbarui status facebook terkini juga.

Karena berjalan bersamaan maka otomatis RAM yang di pakai akan semakin besar.


Apalagi versi androidnya lebih tua seperti ginggerbread dan jellybean yang hanya memiliki kapasitas RAM yang pas-pasan, pastinya android tersebut akan bertambah lemot.


Nah itulah alasan kenapa widget dapat mempengaruhi kinerja android sobat menjadi sangat lambat.


Cara mengatasi android lemot yang ketiga ini sangat mudah dilakukan.

Jika sobat memiliki banyak widget di layar home yang tidak benar-benar sobat perlukan maka lebih baik di hapus saja.


6.Paksa Hentikan atau Copot Aplikasi Tak Berguna


Menyimpan aplikasi terus menerus yang jarang dipakai itu kebiasaan umum yang sering dilakukan oleh pengguna android.


Dengan menyimpan aplikasi yang tidak sering kita pergunakan adalah salah satu penyebap yang membuat android lemot Jadi gini jika kita menginstal aplikasi, secara otomatis aplikasi itu akan berjalan di latar belakang sistem android kita.

Maka dari itu sedikit demi sedikit memori penyimpanan android kita akan terkuras Lebih baik jika anda menginstal aplikasi yang jarang dipergunakan atau bahkan tidak digunakan sama sekali alangkah baiknya di paksa berhenti atau hapus dari instalan saja

7.Restart Android


Coba cara mengatasi android lemot yang mudah ini.

Hanya dengan restart, android sobat akan membersihkan cache yang tersimpan dengan sendirinya. Dan juga akan menghentikan tugas yang berjalan. Dengan begitu android sobat akan mendapatkan kecepatanya kembali.

Cukup dengan menahan tombol power, pilih opsi Restart atau mulai ulang, dan kemudian tekan OK untuk mengkonfirmasi.



8.Menghapus Cache pada memori internal secara rutin.


Memori cache merupakan sebuah memori yang berguna untuk menyimpan data secara sementara untuk setiap data dari masing-masing aplikasi yang berjalan di perangkat android kita. Adapun keberadaan dari memori ini akan terus bertambah dan semakin bertambah seiring banyaknya aplikasi yang digunakan.

Memori yang di ambil sebagai penyimpanan tersebut adalah memori internal. Alhasil hp android kita akan terasa sangat lemot dan tak jarang pula ketika hp digunakan tiba-tiba error.

Jadi upayakan untuk selalu mengontrol dan menghapus data cache aplikasi, khususnya yang memakan banyak memori. Caranya mengatasi hp android yang eror dengan masuk ke pengaturan > pilih Aplikasi > lalu cek satu persatu aplikasi yang memakan banyak memori > kemudian kita Hapus Cache.

Semoga informasi yang saya berikan kepada anda bermanfaat

Previous
« Prev Post